Kalender Liturgi

Rabu, 29 Mei 2019

Gua Maria Wato Jong, Tujuan Siarah Umat

Foto: Watowuan Tyno

Jika Larantuka dengan Tuan Ma, Wure dengan Tuan Deo, Kenariblolong tentu dengan Gua Wato Jong. Secara etimologi Wato artinya batu, dan Jong artinya kapal. Wato Jong ini merupakan Gua alami yang secara administrasi terletak di Desa pajinian (Kenariblolong), Adonara Barat, Flotim, NTT.
Pada masa kepemimpinan Rm.Herman Utan Makin,Pr sebagai Pastor Paroki st.Maria Gorreti Waiwadan, Gua ini diberkati oleh yang mulia Bapak Uskup Larantuka Mgr. Darius Nggawa, SVD, dan diresmikan oleh mantan bupati flores timur Simon Petrus Soliwoa pada tanggal 3 oktober 1988 menjadi salah satu tempat ziara rohani di Paroki Santa Maria Gorreti Waiwadan.
Momentum tahunan untuk menghormati dan mendekatkan diri, serta memohon perlindungan kepada Bunda Maria, pada bulan mei (bulan Maria;red), awal bulan dan akhir bulan, umat stasi kenariblolong dan sekitarnya berbondong-bondong datang untuk melaksanakan perayaan misa kudus.


Di penghujung penutupan bulan mei, tepatnya tanggal 31 (malam), umat stasi kenariblolong dan sekitarnya juga melakukan devosi kepada Bunda Maria dengan prosesi bersama patung Bunda Maria yang diarak dari Gua Wato Jong, kemudian mengelilingi kampung. Ayo ke Gua Wato Jong! (Teks: Tyno Watowuan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar